Tips agar tidak tertipu oleh detektif abal-abal

 

Tidak setiap kasus bisa ditangani oleh kepolisian atau kejaksaan. terkadang ada juga yang ingin kasus yang menimpanya diselidiki tetapi bukan oleh penyidik negara. Dalam kasus-kasus privat dan bisnis bisnis, orang lebih memilih untuk menyewa jasa profesional untuk menyelidikinya.

Detektif swasta pun akhirnya dipilih. Mereka dinilai bisa menyelesaikan masalah tanpa masalah, misalnya dalam kasus perselingkuhan, seorang pejabat atau pengusaha lebih sering menggunakan jasa detektif swasta. Ini dinilai lebih aman, secara privasi dan hasilnya tidak diungkap ke publik. Bisa dibayangkan jika seorang pejabat atau pengusaha kelas kakap membuat laporan dugaan selingkuh istrinya. Kasusnya justru akan meledak dan menjadi konsumsi banyak orang.

Tak hanya itu, para pengusaha juga kerap menyewa jasa detektif untuk kepentingan bisnis. Dalam kasus jual beli perusahaan misalnya, ada juga detektif yang bisa memberikan data-data tentang sebuah perusahaan yang akan dibeli.

Namun dengan semakin menjamurnya jasa detektif di indonesia, semakin menjamur pula yang memanfaatkan kesempatan itu untuk menipu targetnya. Kebanyakan dari calon klien sebuah jasa detektif, mereka tidak pernah membandingkan jasa satu dengan yang lainnya dan akhirnya tertipu oleh detektif abal-abal.

Berikut ini adalah beberapa tips agar anda tidak tertipu memilih jasa detektif :

  1. Googling dengan keyword “jasa detektif penipu”, tentunya jika pernah ada yang tertipu akan ada yang memposting entah di blog, facebook atau forum.
  2. Compare harga dengan jasa sejenis apakah harganya masuk akal atau tidak, biasanya jasa detektif abal-abal akan menawarkan harga jauh lebih murah dibanding dengan yang lain.
  3. Ajak ketemu untuk berbicara tatap muka secara langsung, ini akan membantu anda meyakinkan apakah anda akan hire jasa tersebut.
  4. Tanyakan pengalamannya, karena dalam jasa detektif pengalaman sangat menentukan keberhasilan pekerjaan yang akan dilakukan.
  5. Tanyakan metode kerjanya, pastikan metode yang mereka lakukan masuk akal.
  6. Tanyakan harga mengikat atau ada tambahan biaya lainnya.
  7. Jika anda memutuskan setuju, buatlah perjanjian kontrak dengan harga dan waktu yang telah disetujui bersama.

Demikian beberapa tips agar anda tidak salah memilih jasa detektif di indonesia, ini akan mengurangi resiko mengalami penipuan.